BENARKAH STERLING AKAN JATUH SETELAH REFERENDUM BREXIT

| June 23, 2016 | 0 Comments

Banyak pendapat yang disampaikan beberapa kantor berita dan televisi ternama, bahwa bila benar Inggris keluar dari Uni Eropa, akan menyebabkan mata uang Pound sterling akan terdevaluasi sampai 1.2 terhadap dollar amerika.

George Soros

George Soros

Demikian pula hal yang sama disampaikan oleh George Soros, spekulan mata uang tingkat dunia. Soros menyatakan bahwa sterling akan jatuh lebih dalam dan kondisinya akan lebih buruk dibandingkan pada saat Soros membuat ‘bangkrut’ Bank of England pada tahun 16 september 1992, yang dikenal sebagai Black Wednesday.

Tetapi menurut analisa teknikal, terutama bila mengamati candlestick baik mingguan maupun bulanan, pasar berkata lain.  Coba perhatikan grafik dibawah ini:

brexit 1

Grafik diatas dibuat pada pukul 16.30 waktu London, dan sepertinya pasar sudah mengantisipasi terlebih dahulu.  Ini analisa pribadi..! dimana dari bulan maret pasar mencoba untuk bergerak up-trend. Apakah ini prediksi pasar bahwa Inggris tetap di Uni Eropa? mungkin saja.

Kalau mengacu kepada postingan sebelumnya mengenai manajemen resiko, dalam trading plan kali ini mengambil posisi Buy dengan stop-loss dan target yang sudah ditentukan.  Mungkin terlalu optimis atau bahkan ‘sok tau’ bahwa sterling akan kembali menguat di point 1.5 terhadap dollar amerika setelah Brexit Poll.

Sekali lagi bahwa postingan ini hanya ingin menjalankan manajemen resiko dengan disiplin, yang salah satu aturannya adalah tidak perlu mendengarkan berita karena informasi yang sampai kepada kita sudah usang.  Salah satu teori penunjang analisa teknikal adalah Dow theory.

Tags: , , ,

Category: Forex

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *