TRADING PLAN YANG SERING DILUPAKAN TRADER

| June 21, 2016 | 0 Comments

Lebih dalam tentang Psikologi Trading, Trading Plan dan Perilaku Investor

konsep trading dan perilaku investor

psikologi, konsep trading dan perilaku investor

Seringkali terjadi pada saat trading dan mengalami loss, kita hanya berharap dan berdoa supaya kondisi membaik.  Hal ini sepertinya kurang tepat karena setelah kita membuat trading plan sebelum trading dimulai, yang harus dilakukan saat terjadi salah arah adalah melakukan cut-loss dengan disiplin apapun yang terjadi.

Ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak aturan tidak tertulis yang mestinya diperhatikan oleh trader maupun investor.

Selengkapnya sebagai berikut:

Dalam konsep Psikologi Trading, Konsep Trading dan Perilaku Investor ini mungkin kurang sejalan dengan teori teori yang ada tetapi hal ini merupakan hasil pengalaman dalam melakukan investasi.  Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kenalilah Diri Anda. Jangan menggunakan konsep trading yang salah seperti salah dalam memilih komoditi atau menaruh posisi terlalu besar.
  2. Singkirkan Ego Anda.  Jika anda mengumpulkan profit dengan strategi investasi yang sudah teruji dan terbukti anda bisa berbangga diri atas keberhasilan ini. Tetapi jika anda membuat profit tanpa strategi investasi yang baik, anda bisa kehilangan bukan hanya profit yang sudah ada tetapi bisa termasuk seluruh investasi anda.  Selalu gunakan konsep trading yang benar.
  3. Berharap dan berdoa tidak akan menjamin kesuksesan.  Alasan utama untuk melaksanakan konsep trading secara sistematis adalah dengan menempatkan stop-loss dalam setiap posisi,  serta menentukan target profitnya pada saat membuka posisi.   Untuk jelasnya bagaimana menerapkan Psikologi  Trading, Konsep Trading dan Perilaku Investor bisa dilihat di VIDEO INI.
  4. Investor harus belajar untuk terbiasa bahwa ada loss dan profit.  Sangatlah mudah untuk menikmati profit tetapi bisa dipastikan bahwa setiap orang membenci loss.
  5. Jangan pernah gandakan kerugian.   Hampir semua kebangkrutan besar yang dialami perusahaan perusahaan di seluruh dunia terjadi karena mereka menggandakan posisi loss mereka.  Berharap untuk menutupi loss dengan menambah tingkatan leverage atau menggandakan posisi tidak akan pernah berhasil kecuali benar benar beruntung.
  6. Diversifikasi resiko.  Artinya bahwa trader tidak fokus pada satu produk tetapi beberapa produk untuk diversifikasi resikonya.  Secara umum, diversifikasi resiko dengan pendekatan trading yang sistematis akan menghasilkan kurva equity yang lebih stabil daripada berinvestasi pada komoditi tunggal.
  7. Mencetak uang dengan cara trading adalah usaha yang keras.  Trader harus menemukan model trading yang sistematis yang sesuai dengan profilnya.  Beberapa bulan atau tahun diperlukan untuk trading yang sistematis,  sebelum terbukti bahwa sistem tradingnya berjalan dengan baik.
  8. Intuisi versus Eksekusi.  Semua informasi yang kita terima baik melalui koran ataupun internet telah menjadi usang saat kita menerimanya.  Selalu ada orang yang mendapatkan akses lebih cepat dan mengambil keuntungan dari informasi ini.  Spekulasi dengan berita basi ini sangatlah berbahaya.  Investor harus memiliki skill yang tinggi untuk mengenali konsep trading yang tidak bagus di masa lalu,  namun akan menjadi bagus di masa datang.
  9. Pentingnya Trading Plan.  Rahasia kesuksesan di pasar uang bukanlah karena memperoleh uang dengan cepat, tetapi bagaimana mendapatkannya secara konsisten.  Salah satu yang paling sulit bagi trader adalah bagaimana membangun portofolio dengan menaikkan equity untuk jangka panjang, tidak tergantung kepada kondisi pasar.
  10. Merasa nyaman dengan strategi trading anda.  Trader yang sukses memulai pagi dengan membuat konsep trading yang dapat mereka gunakan dengan nyaman untuk mengeksekusi sinyal trading sepanjang hari, tidak peduli apa yang terjadi dengan pasar.
  11. Tidak ada yang lebih penting dari disiplin.  Kedisiplinan selalu menjadi bagian terpenting dari trader yang sukses.  Banyak trader yang gagal atau meraih sedikit kesuksesan karena mereka tidak bisa mengontrol emosi serta mengeksekusi strategi trading mereka pada setiap situasi pasar.
  12. Nilai dari konsep trading yang tersedia. Banyak tersedia konsep trading yang berharga.  Tetapi tidak ada satupun yang menghasilkan uang.  Sebuah konsep trading yang efektif tidak harus selalu sulit, melainkan yang bisa dieksekusi.

Demikian beberapa hal terkait Psikologi Trading, Konsep Trading dan Perilaku Investor yang perlu dicermati dan diikuti supaya tingkat keberhasilan trading menjadi semakin meningkat.  Beberapa prediksi pergerakan mata uang terhadap dollar bisa anda ikuti di http://www.orarugi.com dan bisa mendapatkan kiriman prediksi secara rutin dengan mendaftarkan alamat email anda.  Selamat trading dan berinvestasi.

Tags: , , , , , ,

Category: Forex

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *